Penyerahan Bantuan Hygiene Kits Project I AM SAFE Dari Humanity &Inclusion-SIGAB  Oleh Wakil Walikota Yogyakarta di Kemantren Mergangsan

        Yogyakarta, Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Heroe Poerwadi didampingi oleh Dinas Sosial Nakertrans Koa Yogyakarta serta Bapak Swetika Eko Saptyono selaku Country Coordinator Human Inclusion (HI)-SIGAB pada Rabu (10/2) menyerahkan secara simbolis bantuan berupa paket perlengkapan kebersihan atau Hygine Kits Project I AM SAFE, kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta.

        Hadir dalam kegiatan tersebut, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan Rini Rahmawati, Kemantren Umbulharjo, Kemantren Tegalrejo, Mantri Anom Kemantren mergangsan, Kasie Kajawat Sosial Kemantren Mergangsan, Penggerak Swadaya Masyarakat Kemantren Mergangsan, Ibu Lurah Wirogunan, Tokoh Masyarakat, dan Dinas Sosial Nakertrans Kota Yogyakarta.

       Project I AM SAFE didanai oleh Uni Eropa dan mendukug Pemerintah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang (NTT) dan Pemerintah Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Sleman (DI Yogyakarta) serta ditingkat nasional dalam tanggap pandemic COVID-19 yang berdapak pada kelompok rentan. Di Kota Yogyakarta sendiri, sebanyak 667 paket perlengkapan kebersihan atau Hygine Kits akan dibagikan ke tiga wilayah ntervensi project seperti Kemantren Mergagsan, Kematren Umbulharo serta Kemanten Tegalrejo.

          Paket perlengkapan kebersihan atau Hygine Kits yang aka diberikan ini seperti, Sabun Cuci tangan sebanyak 3 pcs, Hand Sanitizer 1 pcs, Pembalut 2 pcs, Sabun Mandi Batangan 2 pcs, Water Continer, Shampoo2 pcs, Gunting Kuku 1 pcs Sabun Cuci 1 pcs, Pembersih Lantai 1 pcs/Disinfektan, Kalender 2021 1 pcs, masker Kain5 pcs, Masker Transparant 1 pcs, Sarung tangan kain 1 pcs, Kran 1 pcs, 16 Ember serta Kursi.

            Dalam kesepatan tersebut, Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Heroe Poerwadi menyampaikan, Kota Yogyakarta ini kepedulianya sangat luar biasa. Bukan hanya peduli tetapi juga memberi apa yang dipunya  untuk mereka yang membutuhkan.

         Kegiatan I AM SAFE ini menyasar pada kelompok rentan, dimaksudkan dapat mengurangi kelompok rentan khususnya dalam masa pandemic ini, kelompok rentan itu termasuk penyandang disabilitas, ibu hamil, orang yang berisiko terhadap ksehatn mental dan tekanan psikososial, orang yang berisiko mendapt masalah perlindungan, lansia dan lain sebagainya yang rentan terpapar Covid-19.

         “Bentuk nyata kepedulian kita bersama, melihat Kota Yogyakarta terhadap warga masyarakat Kota Yogyakarta terhadap warga masyarakat di masa-masa ulit seperti ini yaitu pandemic covid, semoga apa yang diberikan har ini dapat bermanfaat untuk masyarakat lansia, disabilitas, ataupun warga yang memiliki penyakit bawaan yang rentan terkena cvid-19, “ katanya saat memberikan sambutan.

     Dalam kesempatan tersebut, Heroe memberikan pesan kepada perwakilan penerima Hygine Kits untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

        “ Saya berpesan karena covid hampir satu tahun, kita sebaiknya dirumah , kalau tidak penting sekali ya jangan keluar, kita harus bisa menahan diri agar keluarga juga terlindungi. Itu pertahanan kita yang terkahir dari semua upaya yang kita jalankan,” ungkapnya.

        Selain itu, Kepala Dinas Sosial Nakertrans Kota Yagyakarta, Maryustion Tonang mengatakan, penerimaan ini merupakan upaya yang diberikan untuk warga Kota Yogyakarta dalam mencegah penyebaran Covid-19.

       “ Terimakasih kepada pihak-pihak yang terkait telah membantu acara ini sehingga warga ikut membantu pencegahan virus covid-19. Selain itu, dalam menerima hygine kits ini sudah berdasarkan data sekunder dari Dinas Sosial Nakertrans Kota Yogyakarta yang selanjutnya akan di lanjuti tim I AM SAFE dan dilakukan  verifikasi sampai tingkat kelurahan,” ungkapnya