Monitoring Pelaksanan Tes Pendalaman Materi (TPM) Tahap 1

Tim Satgas Covid-19 Kemantren Mergangsan diwakili oleh Kajawat Sosial Kemantren Mergangsan, Siti Mahmudah Setyaningsih,S.A.P. bersama dengan Penggerak Swadaya Masyarakat Kemantren Widya Dasi Sawitri A.Md. melakukan kunjungan monitoring  ke SD Kintelan 1 dan SD Pujokusuman 1. Kegiatan monitoring ini dilakukan guna memantau pelaksanaan kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) Tahap 1 di lapangan.

Kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) Tahap 1 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga untuk kelas VI pada hari Selasa 02 Februari 2021 sampai dengan Kamis 04 Februari 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Assesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) di akhir Tahun Ajaran 2020/2021 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai sarana pemetaan mutu dan tolak ukur keberhasilan pendidikan siswa kelas VI

Adapun penyelenggaraan TPM akan dikerjakan oleh siswa di rumah masing-masing , sedangkan soal dan lembar jawab didistribusikan melalui sekolah dengan pengambilan dan pengembalian oleh orang tua/wali dengan mekanisme sebagai berikut :

  1. Pengambilan dan penyerahan secara drive thru (langsung dibawa/ diserahkan, tidak turun dari kendaraan, tidak masuk di lingkungan sekolah)
  2. Petugas sekolah yang ditunjuk menyiapkan soal di depan sekolah.
  3. Pengambilan dan penyerahan soal/ LJK dilakukan orang tua/wali murid ( siswa tidak perlu datang), pada saat mengambil dan mengembalikan tidak perlu tanda tangan daftar hadir, petugas sekolah yang akan memberikan (v) di lembar daftar hadir pengambilan dan penyerahan.
  4. Sekolah menyediakan stopmap/ plastik untuk tempat Soal dan LJK.
  5. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari pukul 07.00 sd 12.00 WIB
  6. Petugas sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Kasie jawatan sosial Kemantren Mergangsan Ibu Siti Mahmudah Setyaningsih,S.A.P. menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) Tahap 1 sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Hal tersebut terlihat pada saat orang tua/wali murid datang pada saat mengambil soal/ LJK disekolah dengan metode drive thru (langsung dibawa/ diserahkan, tidak turun dari kendaraan, tidak masuk di lingkungan sekolah) serta tertib memakai masker. Beliau juga menyampaikan harapan, agar kegiatan ini tetap berjalan dengan lancar dan para siswa-siswa kelas VI mendapat hasil yang memuaskan.