Advokasi Pendidikan Khusus Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2021

Mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas merupakan hak setiap anak di Indonesia. Namun karena berbagai tantangan yang terdapat di masyarakat dan sekolah, masih banyak anak, khususnya anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas yang belum dapat menempuh pendidikan di sekolah, atau pun jika sudah berada di sekolah, mereka belum mendapatkan layanan pendidikan yang memenuhi kebutuhan khususnya. Untuk memperbaiki kondisi ini, Pemerintah telah berkomitmen memenuhi hak pendidikan anak termasuk bagi anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas melalui pengembangan penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Pada hari ini Selasa 23 Maret 2021, bertempat di ruang mufakat Kemantren Mergangsan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Derah Istimewa Yogyakarta melalui Bidang Pendidikan Khusus menyelenggarakan Kegiatan Advokasi Pendidikan Khusus wilayah Kemantren Mergangsan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut,  Ibu Mantri Pamong Praja Rini Rahmawati S.I.P., M.I.P. , Kepala Bidang Pendidikan Khusus, SLB Negeri Pembina Yogyakarta, Perwakilan dari LPMK, dan Perwakilan dari anak berkebutuhan khusus atau anak penyandang disabilitas wilayah Kemantren Mergangsan.

Advokasi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap anak-anak yang berkebutuhan khusus. Bentuk dari kegiatan advokasi terdiri dari sosialisasi tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus, konsultasi penanganan anak berkebutuhan khusus, dan unjuk prestasi anak berkebutuhan khusus. Kegiatan ini berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun/ handsanitizer, serta tetap menjaga jarak.