KTB Rintisan Mergangsan Lor, Adakan Simulasi Gempa Bumi

Kampung Mergangsan Lor menjadi Kampung ke-4 di Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta menjadi Kampung Tangguh Bencana (KTB). Sebelumnya telah terbentuk KTB di Kampung Joyonegaran, Bintaran dan Surokarsan.

Sebagai Kampung KTB Rintisan, Mergangsan Lor mengawali dengan simulasi gempa bumi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Minggu (4/4/2020) bertempat di ruang publik Kampung Mergangsan Lor.

Simulasi gempa bumi menjadi pilihan warga, guna melatih kesiapsiagaan warga dengan simulasi mitigasi bencana. Selain pemukiman padat penduduk, ruang terbuka yang sangat terbatas, juga rawan kebakaran dan antisipasi atas bencana gempa bumi.

Hadir dalam simulasi gempa bumi tersebut, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Nur Hidayat, Kapolsek Mergangsan, Danramil, Mantri Pamong Praja (MPP) Mergangsan, Kepala Puskesmas, Lurah Wirogunan, LPMK, BKM, Pengurus Kampung Mergangsan Lor, Pengurus RT dan RW serta anggota KTB Mergangsan Lor.

Kepala BPBD Kota Yogyakata, Nur Hidayat dalam sambutannya menjelaskan setiap kegiatan simulasi KTB perlu memperhatikan prosedur kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan warga dalam situasi kebencanaan dengan tidak panik, menjadi perhatian bagi seluruh warga. Koordinasi dan kerjasama pengurus kampung dan anggota KTB menjadi bagian penting dalam wilayah KTB.

Mantan Camat Mergangsan ini juga berharap, agar kerjasama dan kekompakan dalam pengurus KTB terus dijaga dan ditingkatkan. Kesiapsiagaan menjadi bagian penting dalam menghadapi bencana apapun, termasuk bencana gempa bumi.

“Simulasi sebagai persiapan warga jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Kami tidak mengharapkan, tapi jika terjadi bencana, warga sudah tahu apa yang harus dilakukan,” ungkapnya.

Diakhir simulasi, Nur Hidayat mengalungkan secara simbolis tanda keanggotaan KTB kepada Ketua, dan pengurus KTB Mergangsan Lor.

Sementara Margono, Ketua KTB Mergangsan Lor menyerahkan kaos seragam KTB kepada Kepala BPBD Kota Yogyakarta. Penyerahan kaos seragam, sebagai ucapan terima kasih warga atas fasilitasi BPBD Kota Yogyakarta dalam pembentukan KTB Rintisan dan kegiatan simulasi. (KangRozaq)