BANGKITKAN SEMANGAT KEBANGSAAN, ASN MERGANGSAN LAKSANAKAN GERAKAN

Lagu Kebangsaan Indonesia Raya mulai dikumandangkan setiap hari di ruang-ruang publik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pencanangan gerakan bertajuk "Indonesia Raya Bergema" ini bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, tanggal 20 Mei lalu. Pemutaran Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dimulai kurang lebih pukul 10.00 WIB. Sesuai yang diamanatkan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyebut gerakan Indonesia Raya Bergema bertujuan membangun semangat kebangsaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan berkomitmen mengajak seluruh jajarannya untuk mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dalam setiap apel pagi, dan memperdengarkan lagu tersebut di ruang-ruang pelayanan publik di seluruh wilayah Kemantren Mergangsan.

Dalam arahannya Ibu Rini Rahmawati, S.IP, M.IP menyampaikan "Sebetulnya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya ini sudah rutin dilakukan sejak tahun 2011 saat Pemkot Yogyakarta mengeluarkan Surat Edaran Walikota terkait Lagu Indonesia Raya yang harus dinyanyikan setiap mengawali kegiatan seperti Workshop, Bimtek, Sosialisasi, dll. Mulai hari ini kita konsistenkan lagi. Kita perlu menyambut baik inisiasi gerakan ini, karena ini momentum yang tepat untuk membuat rakyat Jogja bangkit-gumregah sesuai amalan 'Bangunlah Jiwanya, Bangunlah Badannya'. Kondisi bencana Nasional, pandemi Covid19 dengan segala ketidakpastiannya ini tidak boleh membuat semangat kita semakin terpuruk atau loyo. Semangat kebangsaan maupun semangat melayani masyarakat harus terus ditingkatkan. Kita bangkitkan semangat mulai dari diri kita. Dengan mendengar Indonesia Raya setiap hari, semoga jiwa nasionalisme dan kinerja kita lebih baik dari hari kemarin untuk membangun Kota Yogyakarta menjadi lebih baik juga."