Menyambut Dasawarsa, MRC Mergangsan adakan SiNora (Aksi Donor Darah)

SiNora (Aksi Donor Darah) kembali akan digelar oleh relawan se-Kemantren Mergangsan dalam rangka Dasawarsa MRC (Mergangsan Radio Community) Mergangsan. SiNora kali ke-tiga ini, bersinergi dengan komunitas Forum KTB (Kampung Tangguh Bencana), GASA (Gerakan Aksi Sosial dan Keagamaan) Wirogunan, Merkid's, Sigrak Mergangsan, dan PMI Mergangsan.

SiNora akan dilaksanakan Kamis (11/11/2021) bertempat di Pendopo Manunggal, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta. SiNora dengan dukungan PMI Kota Yogyakarta akan dimulai jam 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Ketua Panitia SiNora Mergangsan, Suyanto menyatakan, kegiatan ini dalam rangka dasawarsa MRC Mergangsan. MRC dikukuhkan pada 11 November 2011 oleh Camat Mergangsan.

"Bersama membantu Sesama sebagai tema SiNora Mergangsan. Bersama dengan komunitas relawan se-Mergangsan, bersinergi membantu sesama", ujar Suyanto yang juga Ketua MRC Mergangsan, Senin (1/11/2021) saat rapat persiapan SiNora.

Sinergi MRC, PMI, Forum KTB, GASA Wirogunan, Merkid's dan Sigrak Mergangsan membangun kebersamaan dalam satu kegiatan donor darah. Sinergisitas dalam kegiatan sosial dengan melibatkan semua pihak, dengan tujuan sosial kemasyarakatan.

Keinginan untuk berkontribusi dalam penyediaan kantong darah di PMI Kota Yogyakarta, dan meneguhkan sinergi bagi relawan se-Mergangsan walau dalam berbagai wadah relawan yang berbeda, menjadi latar belakang aksi SiNora ini. Disamping sebagai media sosialisasi protokol kesehatan bagi masyarakat.

Ia menjelaskan, SiNora menargetkan sebanyak 150 orang pendonor.  “Kami mengajak warga se-Mergangsan, dan siapapun untuk bersama-sama menjadi bagian dalam aksi ini. Setetes darah kita, sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan”, ujar Nasiyar.

Ia melanjutkan, manfaat donor darah tidak hanya menguntungkan bagi si penerima saja, tetapi juga bagi para pendonor. Manfaat tersebut adalah (1) membantu menyelamatkan nyawa; (2) menjaga kesehatan jantung dan membuat darah mengalir lebih lancar; (3) meningkatkan produksi sel darah merah; (4) memperpanjang usia; dan (5) dapat mengetahui kondisi kesehatan.

“Kami mengajak warga untuk ambil bagian dalam kegiatan ini. Silahkan daftar melalui WhatApp ke Nasiyar (0813-2849-9049), Om Bery (0857-4333-2528) atau Pak Rokhim (0812-2753-935)", kata Suyanto

Ia mengungkap paling tidak, dengan bantuan darah kita, akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Disamping, sebagai pendonor darah juga akan tambah sehat.

Pelaksanaan donor darah tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kepatuhan pada protokol kesehatan sebagai bagian dari kesuksesan pelaksanaan SiNora. (KangRozaq)