Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Di Pendopo Kemantren Mergangsan

Pembagian Program KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dari Pemerintah Kota Yogyakarta bersama dengan Bank BNI telah dilaksanakan pada hari Rabu, 17 November 2021. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00-15.00 WIB bertempat di Pendopo Kemantren Mergangsan. Dihadiri oleh Kajawat Sosial Kemantren Mergangsan, Petugas BNI, Aparat Keamanan, BKO, Linmas Mergangsan, Pendamping dari Dinas Sosial, TKSK Kemantren Mergangsan, dan PSM dari 3 Kelurahan. Pembagian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) diberikan kepada 520 keluarga penerima manfaat (KPM). Agar tidak terjadi kerumunan pada saat distribusi pembagian bantuan, maka  pembagian dibagi menjadi 3 sesi. Yakni sesi pertama Kelurahan Brontokusuman, sesi kedua Kelurahan Keparakan dan sesi terakhir adalah Kelurahan Wirogunan.

Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) berisikan saldo senilai Rp 600 ribu untuk 3 bulan sekaligus. Saldo tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli sembako di e-waroeng (elektronik warung gotong royong) binaan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta e-waroeng yang menjalin kemitraan dengan BNI. Jenis sembako yang dapat dibelanjakan di e-Warong dan harus memenuhi 4 komponen yaitu karbohidrat, protein hewani, protein dan vitamin mineral (buah dan sayur).

Para KPM cukup datang dengan  membawa KKS ke E-Waroeng (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat untuk melakukan transaksi pembelian bahan pangan. E waroeng di wilayah Mergangsan sendiri terdapat 3 lokasi yg tersebar di tiap kelurahan. Transaksi dilakukan non Tunai mengacu pada jumlah saldo yang tersimpan pada chip KKS.