Mergangsan menjadi salah satu lokasi Launching mesin ADM (Anjungan Dispenduk Mandiri)

Sebagai implementasi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring, maka dindukcapil kota yogyakarta berusaha untuk memberikan pelayanan yang semakin mendekatkan dan memudahkan masyarakat, dengan penerapan pelayanan secara online dan pencetakan dokumennya bisa dilakukan secara mandiri oleh pemohon dengan memanfaatkan ADM. Anjungan Dukcapil Mandiri merukan sebuah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen administrasi kependudukan. Dokumen yang bisa dicetak menggunakan ADM antara lain, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK),Akata Kelahiran dan Akta Kematian.

Keunggulan Mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) ini berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan publik di Dindukcapil, mengurangi kontak langsung dengan petugas, mengurangi potensi korupsi/pungli, Aman, Sistem ADM menggunakan pengaman NIK, sidik jari dan QR Code. Saat ini mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) tersedia di tiga lokasi yaitu Mall Pelayanan Publik, Kemantren Mergangsan dan juga Kemantren Jetis.

 

Bertempat di depan ruang pelayanan Kemantren Mergangsan, Selasa 21 Desember 2021 Kemantren Mergangsan sebagai salah satu lokasi penempatan mesin ADM turut hadir dalam acara launching mesin ADM yang dipimpin oleh Bapak wakil walikota Yogyakarta secara daring melalui youtube dan juga zoom. Bapak Wakil Walikota Yogyakarta Bapak Drs. Heroe Poerwadi, dalam sambutannya mengatakan Anjungan Dukcapil Mandiri ini melengkapi komitmen Pemerintah Kota Yogyakata dalam upaya memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Beliau juga berharap, melalui mesin ADM ini akan menjadi balaikota di dunia maya, artinya semua layanan yang ada di Kota Yogyakarta. Sehingga dari rumah pun masyarakat juga bisa medapatkan layanan apapun yang diinginkan.

“pemerintah Kota Yogyakarta dalam upaya memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Kita memulai dari jss, yang harapan kami. Ya memang JSS ini nanti akan menjadi balaikota di dunia maya, artinya semua layanan yang ada di Kota Yogyakarta  ingin kita pindahkan ke dunia maya. Untuk melakukan layanan apapun harusnya sudah bisa diselesaikan di Jogja Smart Service. Sehingga dari rumah pun masyarakat juga bisa medapatkan layanan apapun yang diinginkan. Dapat memberikan layanan yang semaksimal mungkin.” Kata Heroe Poerwadi dalam sambutannya.

Selain itu Kepala pelaksana tugas kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota yogyakarta, Ibu Dra Septi Sri Rejeki juga berharap melalui mesin ADM ini dapat mempermudah dan membahagiakan masyarakat dalam mencetak dokumen akminduk.

“Tujuan dari adanya mesin ini adalah untuk meningkatkan kualiatas pelayanan kota yogyakarta, yaitu yang pertama mempermudah, kedua membahagiakan masyarakarat kota yogyakarta dengan fasilitas alat cetak dokumen akminduk.” Terangnya

Terwujudnya fasilitas Anjungan Dukcapil Mandiri dikota yogyakarta ini, berkat adanya kerjasama dari pemerintak kota yogyakarta dengan bank BPD DIY yaitu melalui perjanjian kerjasama antara PT Bank Pembangunan Derah Kota Yogyakarta cabang senopati dengan pemerintah daerah kota yogyakarta. Dimana bank BPD DIY, melalui kerjasama tersebut telah membiayai satu unit ADM yang diletakkan di Mall Pelayanan Publik. 3 unit Anjungan Dukcapil Mandiri digunakan sebagai fasilitas untuk mencetak adminduk bagi masyarakat kota yogyakarta yang ditempatkan di tiga lokasi yaitu 1 unit di Mall Pelayanan Publik  yang dari DIY, 1 unit ditempatkan di Kemantren Mergangsan, dan 1 unit ditempatkan di Kemantren Jetis.

Direktur pemasaran PT BPD DIY kepada bapak Agus Tri Murjanto, launching Anjungan Dukcapil Mandiri program CSR BPD DIY dan Dukcapil Kota Yogyakarta. Meningkat kemudahan akses melalui program atau layanan go digital berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Dalam sambutannya, beliau juga berharap semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Harapan kami semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat.  Kami bank BPD DIY kedepan akan terus komitmen berperan serta setiap program yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam rangka peningkatan khususnya layanan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi didaerah istimewa Yogyakarta.”  

Selanjutnya dilakukan proses launching peresmian Mesin ADM (Anjungan Dukcapil Mandiri) secara bersamaan. Yakni di Mal Pelayanan Publik oleh Bapak Wakil Walikota kemudian secara bersamaan di Kemantren Mergangsan dan Jetis oleh Mantri Pamong Praja.