Mudahkan Akses Layanan Bagi Lansia

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi secara resmi meluncurkan Layanan Lansia Terintegrasi (LLT) Wira Wredha, yang berlokasi di Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, Minggu (2/1). peluncuran tersebut, merupakan yang pertama di Indonesia.

Nantinya, LLT diharapkan mampu menjadi percontohan, untuk di tingkat kota, atau bahkan nasional. Heroe Menandaskan, keberadaan LLT sangat bermanfaat bagi para lansia. " Ya, LLT ini diharapkan bisa membantu pendataan lansia. Sehingg, Memudahkan mereka, dalam mengakses layanan yang ada. Saya juga berharap LLT ini sanggup digulirkan ya, ikut diluncurkan di kelurahan lainnya,"cetusnya.

Menurutnya, dalam Peraturaran Wali Kota (Perwal) Yogyakarta No. 38 Tahun 20219 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Lansia, sudah diatur mengenai hak serta kewajiban lansia. Poin-poin di produk hukum itu pun wajib dipenuhi.

"yang paling dibutuhkan oleh lansia adalah memiliki masa tua yang produktif,mandiri, dan sejahtera. mereka harus mempunyai semangat untuk menjalani hidup, sehingga bisa berdaya," ucap Wawali

Sementara itu, Ketua Kampung Bintaran, Andi Maulana menjelaskan, latarbelakang hadirnya LLT Wira Wredha ini, karena di wilayahnya masih banyak kalangan lansia yang kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan.

"Kami hadir sebagai jembatan, sebagai relawan, LLT Wira Wredha berupaya membangun lansia bermartabat" ungkapnya. Ia berujar, LLT Wira Wredha terdiri dari unsur penyedia layanan kesehatan dan sosial di Kelurahan dan Kemantren, Lalu, LLT juga memperoleh dukungan dari berbagai unsur seperti Karang Taruna, PKK,PSM, dan lain-lain.

"Layanan ini juga bagian dari program Gandeng-Gendong inisiasi Pemkot Yogyakarta, karena melibatkan berbagai pihak untuk gotong royoong." tandasnya (Azka Ramadhan)

Sumber : TribunJogja