Kerukunan dan Keseruan pada  Pelatihan Budidaya Anggur

          Kerukunan dan Keseruan terlihat pada pelaksanaan kegiatan Pelatihan Budidaya Anggur Forum Gapoktan Kemantren Mergangsan, yang diselenggarakan hari Jum'at, 4 Februari 2022 bertempat di Kampung Anggur Mbah Rono, Jl. Jambon, Baturan, Sumberadi, Mlati, Sleman. Kegiatan tersebut diikuti secara khusus oleh Kelompok Tani Rotu Asri Wirogunan dan juga diikuti oleh beberapa perwakilan dari Kelompok Tani lain dari Kemantren Mergangsan. Dimulai sekitar pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 14.00 siang.

          Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan beberapa sambutan yaitu dari Ibu Retno Pudyastuti selaku Kepala Jawatan Kemakmuran, wakil dari Kemantren dan juga oleh Ibu Diah Kristiani, Lurah Kelurahan Wirogunan. Hadir juga diacara tersebut yaitu PPL WKPP Kemantren Mergangsan, Bapak William Martin dan tentunya Instruktur Pelatihan Budidaya Anggur, Saudara Muhammad Rayhan Hanafi.

          Setelah acara sambutan dan pembukaan, acara inti yaitu Pelatihan Budidaya Anggur yang dipandu oleh Mas Rayhan dengan teknis penyampaian materi dan diskusi langsung. Beberapa pokok-pokok yang beliau sampaikan adalah mengenai pengenalan tentang Kampung Anggur Mbah Rono, kemuadian teknis budidaya sendiri yaitu dimulai dengan penguatan akar, pembentukan batang utama, pemupukan dan pengatasian hama.

          Setelah melalui sesi penyampaian materi dan diskusi, peserta pelatihan selanjunya mengikuti sesi peninjauan dan praktek lansung pada kebun anggur yang ada dilokasi. Sesi ini berlangsung kira-kira sampai pukul 12.30. Selanjutnya terakhir, peserta mengikuti sesi Ishoma sampai dengan pukul 14.00 siang.