Musrenbang Kemantren Mergangsan 2022 'Sinkronisasi kegiatan di Kelurahan dan Kemantren'

Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Kemantren Mergangsan dilaksanakan pada Jum'at, 11 Februari 2022 bertempat di Gallery Prawirotaman Hotel. Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Wakil Walikota Yogyakarta Drs. Heroe Poerwadi, MA, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan Pargiyat, SIP, Kapolsek Mergangsan Kompol Rachmadiwanto, SH, Danramil Mergangsan Mayor Inf. Emanuel Andrianto, S.Sos, Kepala Puskesmas Mergangsan drg. Risa Dhiana Permanasari, Kepala KUA Mergangsan Nanang Kosim, S.Ag dan tokoh masyarakat yang ada di Wilayah Kemantren Mergangsan. Musrenbang kemantren Mergangsan 2022 merupakan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun 2023. Konsep pembangunan Kemantren Mergangsan 2023 mengusung tema Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan kelurahan dengan dukungan potensi kampung untuk kesejahteraan masyarakat.
 
 
Dalam kesempatan ini, Bapak Wakil Walikota Yogyakarta menyampaikan bahwa Fungsi yang  harus dilakukan di Musrenbang di tingkat kemantren adalah melakukan sinkronisasi kegiatan dan juga efektifitas kegiatan.
 
"Model program dan kegiatan, disinkronkan untuk nanti menjadi kegiatan yang lebih efisien. Supaya anggaran yang lain yang tersisa itu bisa digunakan untuk kegiatan lain. " kata Heroe Poerwadi dalam memberikan sambutan.
 

Selain itu Beliau juga menyampaikan, Permasalahan di massa pandemi adalah adanya keterbatasan dana. Disamping pendapatan asli daerah kota yogyakarta, ataupun pendapatan negara turun.  Yang otomatis menghilangkan potensi dana yang akan digunakan untuk pembelanjaan  program dan kegiatan se-kota yogyakarta.

"Permasalahan pertama kita adalah kita ada anggaran, tapi anggarannya tidak lebih besar dari anggaran-anggaran sebelumnya." Terangnya
 
Heroe juga berharap setelah adanya musrenbang Kemantren Ini, tugas Mantri Pamong Praja dan tim perumus  Musrenbang untuk melakukan agenda bertemu dengan para Dinas atau OPD terkait untuk melakukan negosiasi.

"PR nya adalah mencentangi program program mana saja yang sama dan mencentangi program mana saja yang ditujukan untuk opd tertentu setelah itu tim perumus dan Mantri Pamong Praja mengunjungi OPD terkait. "

Bapak Wakil Walikota Yogyakarta memberikan mengapresiasi kegiatan Musrenbang ini sekaligus menyampaikan berbagai hal terkait perkembangan pembanguan di Kota Yogyakarta, termasuk di dalamnya penanganan Covid-19 yang masih harus mendapatkan perhatian dari seluruh pihak.
Kegiatan berlangsung lancar, dan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.