Belajar Tabulampot Buah di Tabulampot Indonesia

Bertempat di Kebun Tabulampot Indonesia hari Jum’at tanggal 4 Maret 2022 telah terlaksana Pelatihan Tematik Budidaya Tabulampot Buah yang diikuti secara khusus oleh Kelompok Tani “SURO TANDUR” Surokarsan Wirogunan dan beberapa perwakilan dari Kelompok Tani yang lain yang tergabung dalam Forum Gapoktan Kemantren Mergangsan. Kelompok Tani “SURO TANDUR” dipilih secara khusus sebagai “Pilot Project” untuk Pengembangan Lanjut Budidaya Alpukat yang sudah ada di Kampung Tersebut.

 

Kegiatan pelatihan tersebut diawali dengan beberapa sambutan yaitu dari Ibu Retno Pudyastuti selaku Kepala Jawatan Kemakmuran wakil dari Kemantren Mergangsan. Hadir juga diacara tersebut yaitu Wakil Kelurahan Wirogunan dan PPL WKPP Kemantren Mergangsan, Bapak William Martin juga tentunya Instruktur Pelatihan Tematik Budidaya Tabulampot Buah, Bapak Agus Joko Susilo.

 

Setelah acara sambutan dan pembukaan, acara inti yaitu Pelatihan Tematik Budidaya Tabulampot Buah yang dipandu oleh Bapak Agus Joko Susilo. dengan teknis penyampaian materi dan diskusi langsung. Beberapa pokok-pokok yang beliau sampaikan adalah mengenai pengenalan tentang Tabulampot Indonesia, kemuadian teknis budidaya sendiri yaitu dimulai dengan penanaman serta teknik okulasi cangkok, penyiraman, pemupukan dan pengatasian hama, pengolahan hasil panen, dan pengelolaan kebun Tabulampot Indonesia.

Setelah melalui sesi penyampaian materi dan diskusi, peserta pelatihan selanjunya mengikuti sesi peninjauan dan praktek lansung pada kebun Tabulampot Buah yang ada dilokasi. Beberapa buah yang dibudidayakan di Tabulampot Indosesia ini diantaranya adalah Alpukat dengan berbagai macam jenis, Kelengkeng, Jambu, Jeruk Lemon, dll. Sesi ini berlangsung kira-kira sampai pukul 12.30. Selanjutnya terakhir, peserta mengikuti sesi Ishoma sampai dengan pukul 14.00 siang.