Pencanangan Kampung Pancasila Kelurahan Keparakan Mergangsan

Semakin berkembangnya jaman, nilai-nilai Pancasila mengalami ketimpangan-ketimpangan yang mengakibatkan pudarnya nilai-nilai Pancasila. Ketimpangan itu terjadi, karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, adanya pengaruh globalisasi juga memperingaruhi nilai-nilai Pancasila, arus globalisasi dapat memberikan peluang dan juga ancaman. Peluang tersebut dapat digambarkan bahwa globalisasi dapat memiliki pengaruh bagi pertumbuhan dan pembangunan bangsa dan negara. Sedangkan ancamannya dapat digambarkan berupa kekhawatiran yang terjadi terhadap tergerusnya identitas bangsa Indonesia. Sebagai pandangan hidup, Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang telah digagas dan dikaji oleh para tokoh terdahulu. Untuk itu pentingnya dicanangkan kampung pancasila di wilayah. Kampung Pancasila mampu mempererat seluruh komponen bangsa di wilayah, agar terwujudnya kehidupan yang lebih harmonis, meskipun ada perbedaan agama, suku, ras dan golongan.

Salah satu kampung di Keparakan, Mergangsan Kota Yogyakarta telah diresmikan sebagai kampung pancasila. Tepatnya di Keparakan Kidul, Kampung Pancasila diresmikan untuk mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun dan damai dengan berideologi Pancasila.

Turut hadir bersama Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto, Mantri Pamomg Praja Mergangsan, Lurah Keparakan, Lurah Brontokusuman, Lurah Wirogunan, Kajawat Keamanan Mergangsan, Kapolsek Mergangsan, Kepala Puskesmas, Kepala KUA Mergangsan, dan Tokoh Masyarakat. Pencanangan Kampung Pancasila tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto pada hari Selasa, 5 April 2022.

Kampung pancasila ini dibentuk untuk mengembangkan suatu kerukunan di lingkungan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan maupun kemakmuran, sesuai dengan agama dan nilai nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. Selain itu diharapkan dapat mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda. Aplikasi dari Kampung Pancasila dapat terlihat dari kegiatan sosial, kerukunan, dan toleransi antar umat beragama sehingga masuk kriteria menjadi dasar dibentuknya Kampung Pancasila.