RAPAT KOORDINASI FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN (FPK) KEMANTREN MERGANGSAN

Kota Yogyakarta sebagai tujuan wisata dan predikat Kota Pendidikan menjadikannya sebagai tempat berkumpulnya beragam suku bangsa dan etnis dari seluruh Indonesia. Termasuk di dalamnya keberagamanan dalam hal kepercayaan dan agama yang dianut oleh masing-masing orang. Hal ini menjadikan sebuat potensi dalam mengharmonisasi keberagaman tersebut. Untuk itu maka dipandang  perlu untuk membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Kehadiran Forum ini diharapkan dapat turut serta menjaga rasa persatuan dan kebersamaan serta meminimalisir adanya konflik yang mungkin timbul di dalam kehidupan sosial masyarakat. Forum ini juga diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam proses pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak terjadi. Sekecil apapun persoalan sosial dapat segera teridentifikasi dan terselesaikan sebelum berkembang menjadi konflik yang lebih besar.  

Pembauran kebangsaan adalah proses pelaksanaan kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis, melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya, pendidkan, dan perekonomian untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas ras, suku, dan etnis yang ada dalam kerangka NKRI.

     Ketugasan lain dari FPK adalah:

  1. Menjaring aspirasi masyarakat dibidang pembauran kebangsaan.
  2. Menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan.
  4. Merumuskan rekomendasi kepada penanggung jawab FPK diwilayahnya.

Untuk mendukung hal tersebut Hari Kamis, 28 April 2022 bertempat di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan diselenggarakan Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan Kemantren Mergangsan. Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan Kemantren Mergangsan dibuka Mantri Pamong Praja Mergangsan, Pargiyat dan Narasumber dari Forum Pembauran kebangsaan Kota Yogyakarta, Bp. Imam. Peserta Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan Kemantren Mergangsan diikuti 30 orang yang terdiri dari pengurus FPK Kemantren Mergangsan, pengurus FPK Kelurahan Brontokusuman, pengurus FPK Kelurahan Keparakan, pengurus FPK Kelurahan Wirogunan.