Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Pendidikan Nasional Kemantren Mergangsan

Jumat, 20/5/2022, Pemerintah Kota Yogyakarta mengadakan  upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional sekaligus Hari Pendidikan Nasional yang bertempat di Ruang Yudistira Balai Kota,kegiatan itu oleh seluruh OPD termasuk Kemantren Mergangsan yang mengikuti upacara secara virtual di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan. Upacara tersebut dihadiri Wakil Walikota Yogyakarta  Heroe Poerwadi sebagai Pembina Upacara.

Upacara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Pembina Upacara. Dalam amanatnya Heroe menyampaikan semangat Boedi Otomo sebagai organisasi modern dan nasional pertama harus dijadikan semangat bagi Kota Yogyakarta bangkit dari pendemi Covid yang telah melumpuhkan berbagai aspek kehidupan.  

Heroe manambahkan, Angka covid sudah rendah dan penambahan jumlah kasus covid juga tidak banyak berkat kedisiplinan masyarakat dan capaian vaksin booster sebesar 85%. “Kegiatan masyarakat sudah mulai kembali normal dan ekonomi mulai bergeliat. Kegiatan belajar mengajar baik di sekolah maupun kuliah akan segera mulai yang berarti kota Yogyakarta harus bersiap akan kedatangan banyak mahasiswa dari luar kota,”kata Heroe

Sebagai penutup Heroe menyampaikan agar tetap waspada terhadap Covid 19 walaupun Presiden sudah menyampaikan kebijakan pelonggaran pemakaian masker pada saat kondisi tertentu dengan pengecualian bagi masyarakat yang sedang batuk, pilek, memiliki komorbid dan lansia. Upacara ditutup dengan pembacaan doa dan menyayikan Padamu Negeri.