PENGAJIAN RUTIN BULAN JULI KEMANTREN MERGANGSAN

Sebagai bentuk pembinaan kerohanian dan spiritual Kemantren Mergangsan mengadakan kajian rutin yang diselenggarakan setiap sebulan sekali. Agenda pengajian pada bulan ini diselenggrakan pada hari Rabu, 13 Juli 2022 dengan menghadirkan Ustadz Saijan dari BAZNAS Kota Yogyakarta sebagai penceramah. Bertempat di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan acara pengajian dihadiri pegawai Kemantren Mergangsan, personil Polsek Mergangsan, dan KUA Mergangsan.

Saijan dalam tausiahnya menyampakan bahwa kita harus mensyukuri nikmat sehat sehingga kita bisa makan, istirahat dan melaksanakan kegiatan dengan lancar dan bersyukur karena ibadah haji ke Tanah Suci yang selama 2 tahun ini terhenti karena pandemi dapat diselenggarakan kembali meskipun dalam pelaksanaannya kuota peseta haji yang semula 220 ribu jamaah menjadi 100 ribu jamaah dan terbatas hanya untuk yang berusia 65 tahun kebawah.

Saijan menambahkan dalam suasana hari raya Idul Adha ini yang digunakan untuk merefleksikan diri agar kita senantiasa ikhlas menghadapi cobaan sebagaimana Nabi Ibrahim ikhlas menghadapi cobaan dengan mengorbankan anak yang dicintai untuk disembelih. Selain itu, momentum Ibadah Idul Adha untuk dijadikan sebagai sarana membangun kepekaan sosial dengan merelakan sebagian harta kita untuk membeli hewan qurban dan dagingnya dapat dinikmati oleh semua kalangan tak terkucuali bagi keluarga miskin.

Sebagai penutup, Saijan berpesan kepada hadirin untuk selalu mengingat Qur’an Surat Ibrahim ayat 7  yang berbunyi “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”