PELATIHAN KULINER WARGA KEPARAKAN OLEH KEMANTREN MERGANGSAN BEKERJASAMA DENGAN BANK BPD DIY

Kemantren Mergangsan bersama Bank BPD DIY menyelenggarakan pelatihan usaha kuliner kepada warga yang terdaftar dalam program Gandeng Gendong di Kelurahan Keparakan , Senin-Selasa 19-20 September 2022. Pada agenda hari pertama diikuti kelompok UPPKA Tulip Keparakan serta P2WKSS Maskara pada hari kedua. Program Gandeng Gendong ini mencoba untuk mensinergikan setiap elemen yang ada di Kota Yogyakarta. Elemen-elemen yang termasuk ke dalam program tersebut dikenal dengan 5K, yaitu Kota (Pemerintah Kota), Korporasi, Kampus, Kampung, dan Komunitas atau Kelompok Masyarakat.

            Kegiatan yang dibuka oleh Mantri Anom Kemantren Mergangsan Wulan Purwandari tersebut menghadirkan pemateri 2 orang Chef yang sudah berpengalaman serta pegiat marketing. Selain diberikan pelatihan memasak berbagai olahan makanan, peserta juga diberikan pelatihan pemasaran dan pengemasan produk agar menambah nilai jual produk makanan olahan.

            Agenda hari kedua sakaligus penutupan dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan,Pargiyat. Pada kesempatan tersebut Pargiyat menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank BPD DIY yang telah memfasilitasi kegiatan ini serta bantuan CSR berupa peralatan memasak kepada ibu rumah tangga. “Saya berharap setelah pelatihan ini akan muncul pengusaha kuliner baru di Keparakan mengingat tingkat kemiskinan tertinggi Mergangsan ada di Kelurahan Keparakan, kepada peserta saya berpesan untuk tetap mengasah ilmu yang sudah diberikan dan menularkan ilmu yang didapatkan kepada tetangga atau saudara” imbuh Pargiyat.