Perempuan Inisiator 2023

Rubi Utami Varalin, ST dari Kampung Sains Karangkajen diundang dalam acara puncak peringatan Hari Kartini di DIY, Rabu 3 Mei 2023.

Digelar di Bangsal Kepatihan, puncak peringatan Hari Kartini di DIY tahun ini mengusung tema "Perempuan Berdaya, Cerdas, Berpolitik Untuk Mewujudkan Jogja Istimewa Yang Berbudaya."

Sebelum Puncak Peringatan Hari Kartini DIY 2023 kali ini, rangkaian kegiatan telah dilakukan antara lain seleksi Perempuan Berjasa dan Berprestasi DIY, pemberian penghargaan bagi Perempuan Inisiator Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DIY, Webinar hingga pelaksanaan berbagai pelatihan dan lomba.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa langkah Kartini dalam merintis jalan kesetaraan, telah memberi waktu bagi kaumnya guna menyongsong abad ke-21.

"​Amat layaklah jika hari ini, pada peringatan kelahiran Kartini, kita hening cipta guna menghormati Kartini yang oleh Pramudya Ananta Toer dijuluki Putri Abad Baru itu. Terbukti buah pikirannya melampaui zamannya, sehingga memungkinkan generasi wanita yang kemudian mengaktualisasikan jatidiri dan memberikan yang terbaik bagi keluarga, nusa dan bangsa," Ucap Sri Sultan.

Sri Sultan juga menyebutkan, bahwa sampai saat ini, perjuangan tersebut masih teramat panjang. Jutaan perempuan karier dan pekerja masih belum merasakan tercapainya kesetaraan dan kesempatan. Meski pada faktanya, mereka harus membanting tulang, dari pagi buta hingga larut malam. Tetapi, perempuan masih saja dianggap sebagai second gender.

Rubi Utami Varalin, ST masuknkategori Perempuan Inisiator DIY 2023

(Uut)

 

Sumber : Atmago