Rapat Koordinasi Pengurus Forum Bank Sampah Kemantren Mergangsan

     Bertempat di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan, hari Senin tanggal 10 Juli 2023 telah terlaksana Rapat Koordinasi Pengurus Forum Bank Sampah Kemantren Mergangsan dan Bimtek Pengelolaan Bank Sampah. Dipimpin langsung oleh Ketua Forum Bank Sampah Kemantren Mergangsan Ibu Bakhriah Sufiatun, kegiatan diawali dengan penyampaian semangat oleh beliau kepada Anggota Forum Bank Sampah dan Faskel-Faskel dari tiap Kelurahan yang terus bergerak dalam kegiatan Gerakan Zero Sampah An Organik (GZSA) di Wilayah Kemantren Mergangsan.

     Sebelum acara inti atau bimtek tersebut, acara diisi terlebih dahulu mengenai penyampaian materi Inovasi Kemantren Mergangsan yaitu Program “MissJumPadosDuitWutah”oleh Saudari Emaculata Dewi (PSM/Pengerak Swadaya Masyarakat) Jawatan Sosial Kemantren Mergangsan. Pendampingan yang diberikan oleh “MissJum” ini dilaksankan di Jawatan Sosial tiap Hari Kamis dan Jum’at yang memberikan semacam Coaching Clinic dalam promosi Hasil UKM di Media Sosial, Website, dan Teknik Foto Produk untuk pemasaran atau iklan. Harapan disampaikan kepada Anggota Forum Bank Sampah Kemantren Mergangsan adalah untuk untuk memamerkan atau mendisplay hasil Bank Sampah maupun UKM di Website “MissJum”, seperti contohhnya adalah hasil modifikasi sampah berupa Ecobrick Meja, Kursi, Tas Kantong, Papan Kaca, dll.

     Acara Bimtek Pengelolaan Bank Sampah disampaikan oleh Ibu Sri Martini dari Forum Bank Sampah Kota Yogyakarta yang menyampaikan mengenai Tertib Administrasi Bank Sampah. Beliau menyampaikan usaha tertib administrasi ini sudah seharusnya untuk selalu dilaksanakan baik dalam kegiatan penimbangan sehari-hari dan bukan hanya dalam persiapan perlombaan. Pembahasan juga diisi mengenai adanya konsen baru Bank Sampah Kota Yogyakarta yang akan membuat Bank Sampah Induk untuk fokus mengakomodir Sampah An Organik dan Juga Sampah Organik yang akan disampaikan atau dimanfaatkan untuk peternak-peternak semacam peternak maggot, dan perternak lain di Kota Yogyakarta.

     Masukan dari para Anggota Forum Bak Sampah Kemantren Mergangsan adalah mengenai pengumpulan Laporan GZSA pada tiap Kelurahan agar diberi kelonggaran sampai dengan tanggal 10 tiap bulannya.