Workshop Pembentukan Forum Anak Tingkat Kemantren di Kemantren Mergangsan

Hari Sabtu, 8 Juli 2023 telah terlaksana Workhsop Pembentukan Forum Anak tingkat Kemantren yang diselenggarakan oleh Jawatan Sosial Kemantren Mergangsan. Bertempat di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan, acara dibuka secara langsung oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan Bpk. Pargiyat, S.I.P. Beliau menyampaikan pembentukan Forum Anak tingkat Kemantren ini bertujuan sebagai wadah dan fasilitas anak-anak di Wilayah Mergangsan untuk menyampaikan hak partisipasinya. Saat ini baru 6 Kemantren dari seluruh 14 Kemantren yang ada di Pemerintah Kota Yogyakarta yang sudah membentuk Forum Anak tingkat Kemantren ini. Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan berharap, dengan pembentukan Forum Anak tingkat Kemantren ini dapat melatih anak-anak di wilayah Kemantren Mergangsan dalam pengembangan dirinya dalam bidang yang diminati.

Dihadiri oleh perwakilan anak-anak dari tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Keparakan dan Kelurahan Brontokusuman, Pembentukan Forum Anak tingkat Kemantren di Kemantren Mergangsan menghadirkan Sdr. Ferian Fembriansyah selaku aktifis anak sebagai narasumber. Selain memberikan materi pentingnya Forum Anak sebagai Media Pemenuhan Hak Partisipasi Anak, narasumber juga mengajak anak-anak peserta workshop untuk mengikuti fun games yang dapat membangkitkan suasana. Setelah fun games, dilanjutkan dengan acara Pemilihan Pengurus Forum Anak tingkat Kemantren Mergangsan ini. Pemilihan Ketua Forum Anak dilaksanakan melalui voting diikuti dengan pengurus tiap divisi. Divisi yang dibentuk antara lain divisi seni budaya, lingkungan hidup, divisi ekonomi kreatif, divisi olahraga dan rekreasi, divisi logistik, divisi pendidikan dan religi serta divisi kesehatan.
Tindak lanjut setelah terpilihnya Ketua Forum Anak tingkat Kemantren Mergangsan ini selanjutnya adalah dapat tersusunnya program kerja yang mengutamakan kepentingan dan hak anak-anak di wilayah Kemantren Mergangsan.