Optimalkan Pelayanan  Yogyakarta Sisi Selatan, Damkarmat Jogja Ujicoba Pos Bantu di Kemantren Mergangsan

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Yogyakarta terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan upaya penambahan pos pemadam kebakaran yang mulai bulan Agustus ini diujicoba keberadaannya di Kantor Kemantren Mergangsan.

Peresmian ujicoba Pos Bantu Damkarmat Jogja ini dilakukan pada Kamis (24/8/2023) di Kantor Kemantren Mergangsan, Jl. Sisingamangaraja, Kota Yogyakarta oleh Plt. Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Yogyakarta, Octo Noor Arafat didampingi jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kemantren (Forkompintren) Mergangsan.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Damkarmat mengungkapkan kebutuhan adanya penambahan Pos Damkarmat ini sesuai dengan Rencana Induk Sistem Proteksi Kebakaran (RISPK) Kota Yogyakarta dimana dengan luasan dan kepadatan Kota Yoagyakarta paling tidak membutuhkan adanya empat pos damkarmat. Namun saat ini baru ada dua pos, yaitu di Mako Induk Balaikota Yogyakarta dan Pos Jalan Kyai Mojo. 

"Dengan adanya dua pos di Jogja barat dan timur yaitu Mako Induk dan Pos Mojo dirasa masih kurang, sehingga ditambah satu pos bantu untuk Jogja selatan," ujar Octo.

Menurut Octo, idealnya sebuah Pos Damkarmat dapat melingkupi area pemadaman dengan jangkauan 7,5 kilometer dan dapat mencapai lokasi kebakaran dengan waktu kurang dari lima belas menit. Hingga saat ini menurutnya, response armada damkar dalam penanganan kebakaran dalam Kota Yogyakarta masih sesuai karena bisa mencapai lokasi di bawah 15 menit. Meski begitu, perlu ada antisipasi ketika ada kebakaran yang terjadi di waktu jalanan padat tentu bisa menghambat proses pemadaman, sehingga dengan adanya pos yang lebih dekat ke lokasi akan mempercepat proses pemadaman.

Lokasi di Kantor Kemantren Mergangsan menurutnya dipilih karena selain berada di area Jogja selatan, juga memiliki halaman yang cukup luas untuk tempat parkir kendaraan, tempat untuk pos jaga petugas, selain itu juga memiliki bak tandon untuk pemadam kebakaran di halaman kantor. Octo juga mengucapkan terimakasih atas sinergi dan dukungan dari Kemantren Mergangsan untuk penempatan Pos Bantu di wilayahnya.

Mantri Pamong Praja Mergangsan, Pargiyat mengungkapkan dukungannya akan keberadaan Pos Bantu Damkarmat di wilayahnya. Dengan adanya pos tersebut diharapkannya akan memberikan rasa aman dan dapat memberikan pelayanan lebih cepat khususnya bagi warga Mergangsan maupun wilayah sekitarnya di Jogja selatan.

Dalam peresmian tersebut yang ditandai dengan penyalaan sirine mobil damkar, dilakukan juga peninjauan pos jaga oleh Plt. Kepala Dinas Damkarmat Yogyakarta bersama Formkompintren Mergangsan, yakni MPP Mergangsan, Pargiyat; Kapolsek Mergangsan Kompol Sigit Ariyanto Adi, dan Danramil Mergangsan Mayor Inf Sriyanto. Pos jaga tersebut terletak di samping selatan Kantor Kemantren Mergangsan, tepatnya berada di tengah-tengah kantor kemantren dan polsek Mergangsan.

Jam Operasional Pos Bantu Damkarmat Mergangsan

Dalam masa ujicoba, Pos Bantu Damkarmat Mergangsan baru beroperasi selama enam jam saja setiap hari mulai pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. Tiap harinya akan ada satu regu dan satu armada mobil damkarmat yang siaga di pos. Pos ini tetap melayani operasi pemadaman kebakaran dan operasi penyelamatan, seperti penyelamatan manusia, hewan, evakuasi binatang berbahaya, dll. terkecuali untuk layanan pemotongan cincin tetap diarahkan ke Mako Induk Balaikota agar dapat lebih dekat ke layanan medis PSC 119 jika dibutuhkan.

Untuk menghubungi layanan Damkarmat Jogja tetap bisa di nomor Mako Induk atau Pos Mojo di nomor (0274) 587101, (0274) 2922848, atau Whatsapp  di 0811 2828 113. Untuk langsung menghubungi Pos Bantu Mergangsan dapat langsung ke nomor Kantor Kemantren di (0274) 388943.