Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik Mandiri Kemantren Mergangsan Tahun 2023

     Pada hari Minggu, 29 Oktober 2023 telah terlaksana Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik Mandiri Kemantren Mergangsan. Acara diikuti oleh sembilan puluh (90) orang perwakilan dari pengurus PKK dan Faskel Bank Sampah masing-masing dari Kelurahan Brontokusuman, Kelurahan Keparakan, dan Kelurahan Wirogunan. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung di Kantor Museum Perjuangan Yogyakarta bersamaan dengan Acara Gelar UMKM & Gapoktan juga Pentas Seni dalam rangka Peringatan HUT Kota Yogyakarta Tingkat Kemantren Mergangsan.

     Narasumber dalam pelatihan kali ini adalah Bapak M. Ali Fahmi, S.E., M.M. wakil dari Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, Ibu Sri Martini dari Forum Bank Sampah (FBS) Kota Yogyakarta, Ibu Bakhriah Sufiatun dari Forum Bank Sampah (FBS) Kemantren Mergangsan, Danramil 0734/06 Mergangsan, dan Mantri Pamomg Praja Kemantren Mergangsan. Kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk menindaklanjuti dan mendukung Program Gerakan Zero Sampah An Organik (GZSA) dan Gerakan MBAH DIRJO yang dikampanyekan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

     Masing-masing peserta dalam pelatihan ini mendapatkan Ember Tumpuk dan Eco Enzym, juga untuk masing-masing Kelurahan akan diberikan Biopori Jumbo dan hasil praktik pembuatan Eco Enzym yang akan diserahkan dan dibimbing oleh masing-masing Faskel Bank Sampah di tiap Kelurahan sebagai Pilot Project dan tindak lanjut pelaksanaan Pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini bersumber dari Anggaran Perubahan Tahun 2023 Kemantren Mergangsan Pemerintah Kota Yogyakarta.