Penerimaan Kunjungan Kerja dari Kota Magelang

Hari ini, Selasa 5 Desember 2023 Kemantren Mergangsan menerima tamu Kunjungan kerja dari Kota Magelang. Sejumlah 10 personil dari Kota Magelang disambut hangat oleh Kemantren Mergangsan. Kunjungan tersebut diterima Oleh Mantri Anom Kemantren Mergangsan, Wulan Purwandari, S.STP.

Bertempat di Pendopo Manunggal Kemantren Mergangsan, Acara dibuka oleh Mantri Anom Mergangsan, Wulan Purwandari, S.STP dengan menjelaskan secara singkat mengenai profil Kemantren Mergangsan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ketua DPRD Kota Magelang mengenai penyampaian maksud dan tujuan Kunjungan Kerja ke Kemantren Mergangsan yaitu memperoleh gambaran terkait dengan Inovasi yang sudah diterapkan di Kota Yogyakarta khususnya Kemantren Mergangsan.

Inovasi yang sudah diterapkan di Kota Yogyakarta yaitu, Penggunaan Aplikasi JSS (Jogja Smart Service). Jogja Smart Service merupakan Aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan-layanan yang telah disediakan Oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Beragam layanan Pemerintah Kota dapat diakses langsung oleh masyarakat dengan mengedepankan pelayanan mandiri (Swalayan). Aplikasi Jogja Smart Service merupakan salah satu informasi pelayanan yang dapat digunakan sebagai sistem informasi pelayanan publik seperti event kreatif, informasi mengenai jumlah pendapatan daerah, informasi pengaduan, sistem e-learning bagi siswa/mahasiswa, kondisi insfrastruktur, pariwisata, berita terkini, dokumen-dokumen perencanaan daerah, dan sebagainya. Aplikasi Jogja Smart Service menggunakan sistem layanan berbasis lokasi atau lebih dikenal dengan Location-Based Services (LBS). Sistem pelayanan LBS menggabungkan antara proses dari layanan mobile dengan posisi geografis dari penggunanya.

Untuk inovasi yang diterapakan oleh Kemantren Mergangsan yaitu "MISS JUM PADOS DUIT WUTAH" (mbak Jum mencari uang tumpah). Istilah ini mempunyai kepanjangan & filosofi tersendiri. Keberagaman UMKM di Mergangsan, baik fashion, kuliner, craft juga merupakan point penting bagi pembangunan berkelanjutan di Mergangsan. Perkembangan teknologi melaju begitu cepat, namun pelaku UMKM di Mergangsan belum terjangkau sepenuhnya oleh teknologi. Untuk itu inovasi "MISS JUM PADOS DUIT WUTAH" ini diterapkan. Inovasi ini merupakan ruang wadah coaching clinic untuk mendampingi UMKM di wilayah Mergangsan. Selain itu kami juga memfasilitasi melalui website yang telah bekerjasama dengan Bank BPD.

Mantri Anom Kemnatren Mergangsan, Wulan Purwandari, S.STP mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada rombongan atas Kunjungan Kerja di Kemantren Mergangsan. “ Kami berharap, melalui kunjungan kerja ini dapat menambah wawasan terutama terkait dengan inovasi baik yang di terapkan oleh Kota Yogyakarta dan Kemantren Mergangsan pada khususnya.”

Sebagai penutup kegiatan, ditandai dengan foto bersama dan penyerahan Kenang-kenangan dari Kota Magelang kepada Kemantren Mergangsan.