Kemantren Mergangsan sambut HUT RI Ke-79 dengan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun 2024, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Kemantren Mergangsan melakukan pembagian bendera Merah Putih kepada beberapa Sekolah di wilayah Kemantren Mergangsan. Yakni di SD Pujokusuman Kelurahan Keparakan, SMA UII Yogyakarta Kelurahan Wirogunan, dan SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Kelurahan Brontokusuman, Jumat (2/8/2024).

 

Pembagian Bendera Merah Putih tersebut dipimpin langsung Oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan dan diikuti oleh unsur Forum Pimpinan Kemantren (Forkopimtren) Mergangsan, beserta ketiga Lurah Kemantren Mergangsan dan BKO KemantrenMergangsan.

Kegiatan Pembagian Bendera yang dilakukan oleh Kemantren Mergangsan merupakan bagian dari gerakan pembagian 10 Juta bendera merah putih yang dicanangkan oleh Menteri Dalam Negeri melalui surat nomor 400.10.1.1/2152/SJ tanggal 8 Mei 2024.

Gerakan ini bertujuan untuk menggugah rasa cinta tanah air dan meningkatkan semangat nasionalisame seluruh masyarakat Indonesia mengingat bendera merah putih sebagai identitas, simbol dan alat pemersatu masyarakat Indonesia.

Dalam sambutannya, Bapak Mantri Pamong Praja Mergangsan menyampaikan bahwa melalui gerakan pembagian bendera ini menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pembagian Bendera ini juga memiliki makna mendalam bagi generasi muda.

“Kalian adalah generasi penerus bangsa yang harus terus mencintai dan menghormati identitas nasional. Semoga melalui gerakan ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus menjaga dan merawat Negara Indonesia.”