Pra Musrenbang Kec. Mergangsan

Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai langkah awal untuk mempersiapkan pelaksanaan Musrenbang. Usulan dan rencana kegiatan tingkat Kelurahan maupun kegiatan tingkat kecamatan, dicermati dan dikaji untuk disesuaikan dengan pagu anggaran maupun visi dan misi Pemerintah Kota Yogyakarta dan arah pembangunan Kecamatan Mergangsan. Pra Musrenbang. Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta dilaksanakan Selasa (4/2/2020) bertempat pendopo Ruang Mufakat. Kegiatan Pra Musrenbang ini sebagai awal koordinasi dan komunikasi dengan ketua kelembagaan tingkat Kecamatan, Tim Perumus Musrenbang Kelurahan, LPMK dan Lurah se-wilayah Kec. Mergangsan.

Hadir dalam kegiatan Pra Musrenbang, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, S.IP., M.IP., Sekretaris Kecamatan Lucia Daning Krisnawati, SIP., M.Si., Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan, Sri Suwarni, Lurah Wirogunan Anastasia Erwina Siwi Utami, SIP., Lurah Keparakan Rina Budi Prastiwi, S.IP., M.Si, Lurah Brontokusuman Maryanto, SE, Ketua LPMK se-Mergangsan, Ketua kelembagaan tingkat Kecamatan dan Tim Perumus Kelurahan se-Kec. Mergangsan.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam arahannya menyampaikan Pra Musrenbang ini sebagai langkah awal untuk mempersiapkan Musrenbang, antara lain usulan dari setiap Kelurahan sesuai dengan hasal Musrenbang tingkat Kelurahan, usulan dari Kelembagaan tingkat Kecamatan dan kegiatan-kegiatan lain di Kecamatan. Usulan tingkat kelurahan sesuai dengan branding masing-masing kampung.

“Seluruh usulan yang ada, hendaknya mengacu pada tujuan Musrenbang, yaitu Mempercepat Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, Mengurangi Angka Kemiskinan dan Memperkecil Kesenjangan Pendapatan di Masyarakat” ujarnya.

Secara teknis konsep dan perencanaan Musrenbang dijelaskan oleh Sekretaris Kecamatan, Lucia Daning Krisnawati. Sekcam menjelaskan, usulan yang ada mengacu pada kebijakan dan aturan yang ada, baik dalam pagu anggaran, maupun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dari masing-masing kegiatan. Seluruh rencana tersebut akan dipaparkan dan akan ditanggapi dan diarahkan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Yogyakarta.

“Musrenbang Kecamatan akan dilaksanakan pada Rabu (12/2/2020), telah disiapkan segala sesuatunya, termasuk tempat, peserta yang akan diundang dan rundown acaranya. Walikota dan Wakil Walikota Yogyakarta juga telah kita undang, disamping OPD terkait. Paparan atas usulan kegiatan akan disampaikan oleh Ketua LPMK Kel. Wirogunan, Abdul Razaq, S.I.P., M.Si”, katanya.

Lurah Wirogunan, Anastasia Erwina Siwi Utami dalam tanggapannya atas Pra Musrenbang Kecamatan menjelaskan, peran serta dan kontribusi peserta, kh