Kecamatan Mergangsan Informasi ada di sini
Jam Buka Pelayanan Senin-Kamis pukul 08.00 - 15.00 WIB. Jum'at pukul 08.00 - 11.30 WIB dan 13.00 - 14.00 WIB. Untuk informasi Potensi Wilayah dapat dibuka pada link http://simpony.unydevelopernetwork.com
Gambaran Umum

Kecamatan Mergangsan adalah satu dari 14 kecamatan di Wilayah Kota Yogyakarta.  Kecamatan yang merupakan penyangga dari pusat Kota Yogyakarta ini memiliki daya tarik tersendiri  untuk dikunjungi. Ketika kita berbicara tentang Malioboro, Kraton, Alun-alun, kuliner, hotel, perkampungan khas jogja, pasar tradisional, kerajinan rakyat, heritage, kampung wisata maka wilayah Kecamatan Mergangsan adalah salah satu pilihan yang cocok.

Jarak Kecamatan Mergangsan dari Malioboro dan Kraton Yogyakarta yang kurang dari dua kilometer, menjadi alternatif sekaligus mempunyai kenyamanan huni khas perkampungan Yogyakarta. Oleh karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota (Kraton dan Malioboro) dengan potensi yang menarik itu maka Kecamatan Mergangsan menjadi salah satu destinasi wisata yang patut diperhitungkan.

Pusat pemerintahan Kecamatan Mergangsan berada di Jalan Sisingamangaraja Nomor 55 Yogyakarta. Kecamatan ini terbagi menjadi tiga kelurahan, yaitu:

  1. Kelurahan Brontokusuman, terdiri dari Kampung Brontokusuman, Luwanu, Karangkajen, Karanganyar, Timuran dan Prawirotman.
  2. Kelurahan Keparakan, terdiri dari Kampung Keparakan Lor, Keparakan Kidul, Pujokusuman dan Dipowinatan
  3. Kelurahan Wirogunan, terdiri dari Kampung Wirogunan, Bintaran, Surokarsan, Jayanegaran, Nyutran, Mergangsan Lor dan Mergangsan Kidul

Luas wilayah Kecamatan Mergangsan 2,317 km², memiliki 60 RW dan 218 RT, dengan batas wilayah sebagai berikut:

  • Sebelah utara Kecamatan Pakualaman
  • Sebelah Timur Kecamatan Umbulharjo
  • Sebelah Selatan Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul
  • Sebelah Barat Kecamatan Mantrijeron dan Gondomanan
 

 

Heritage  yang ada di wilayah Kecamatan Mergangsan diantaranya terletak di kawasan Bintaran,  Jalan Tamansiswa,   Brontokusuman, Pujokusuman dan Dipowinatan. Mengenal bangunan yang merupakan heritage akan menumbuhkan kecintaan kita akan kekayaan sejarah dan arti penting dari sebuah kawasan pada jaman dahulu yang harus dilestarikan agar generasi penerus dapat mewarisi nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya. Selain itu nama-nama Kampung yang ada di Kota Yogyakarta termasuk yang ada di Kecamatan Mergangsan memiliki sejarah yang unik dan sampai saat ini masih dapat dipelajari walaupun tidak banyak referensi yang dapat memberikan ilustrasi secara detail dan lengkap.

Pada website ini berusaha memperkenalkan dengan lebih mudah potensi Usaha Mikro Kecil di Wilayah Kecamatan Mergangsan mulai dari yang berada di jalan utama maupun yang berada di perkampungan. Selain itu juga potensi secara umum dari kawasan yang ada termasuk menceritakan toponim dari kampung yang ada di wilayah Kecamatan Mergangsan.

Di sisi lain penyajian informasi publik dan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah juga disajikan dalam website ini sehingga masyarakat secara langsung dapat membaca informasi terkait program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Mergangsan.

     
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat
Thursday / 30 Januari 2020
09:00 WIB ~ 13:00 WIB
Ruang Mufakat

Kamis / 13 Pebruari 2020
09:00 WIB ~ 13:00 WIB
Pendopo Manunggal

Polling
Apakah Website ini bermanfaat ?

Hasil Polling
Sangat Bermanfaat40%
Cukup Bermanfaat7.5%
Bermanfaat0%
Kurang Bermanfaat15%
Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Video Youtube
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait